Pertemuan 3 : Belajar Game Flow
Download Materi : Game Flow
Tujuan utama membuat game flow (alur permainan) adalah untuk merencanakan dan memvisualisasikan struktur serta jalannya permainan dari awal hingga akhir.
Ini membantu dalam beberapa hal:
- Memastikan Logika Permainan yang Jelas: Game flow memetakan semua kemungkinan tindakan pemain, respons sistem, dan transisi antar status permainan. Ini membantu mengidentifikasi potensi masalah logika atau dead end di awal proses pengembangan.
- Komunikasi Tim yang Efektif: Dengan game flow, semua anggota tim (desainer, programmer, seniman, tester) memiliki pemahaman yang sama tentang bagaimana permainan akan bekerja. Ini mengurangi kesalahpahaman dan memastikan semua orang berada di halaman yang sama.
- Identifikasi Fitur Penting: Dengan melihat alur, desainer dapat mengidentifikasi semua fitur dan sistem yang diperlukan agar permainan berfungsi seperti yang diinginkan.
- Estimasi Waktu dan Sumber Daya: Setelah alur permainan jelas, tim dapat lebih akurat memperkirakan berapa banyak waktu dan sumber daya yang dibutuhkan untuk mengembangkan setiap bagian permainan.
- Dasar untuk Desain Lebih Lanjut: Game flow menjadi fondasi untuk dokumen desain yang lebih detail, seperti desain level, desain UI, dan spesifikasi teknis.
- Pengalaman Pemain yang Koheren: Dengan merencanakan alur, desainer dapat memastikan bahwa pengalaman pemain mulus, intuitif, dan menantang pada tingkat yang tepat.
Singkatnya, game flow adalah peta jalan yang esensial dalam pengembangan game, memastikan semua aspek permainan terpikirkan dengan baik sebelum proses coding yang intensif dimulai.
Post a Comment for "Pertemuan 3 : Belajar Game Flow"
Post a Comment